Selamat Datang dan Enjoy Reading.. Dimohon Untuk Tinggalkan Komentar Kalian Yah.. Thanks

Jumat, 04 November 2011

Nge-Mall Sebabkan Penurunan Karakter Bangsa?

foto: ist
SEMARANG - Bagi kamu mahasiswa yang tinggal di perkotaan dengan gaya hidup modern, dan sering banget hang out di mall, sebaiknya kamu musti waspada, sebab, terlalu sering ke mall akan menurunkan karakter bangsa.

Hal tersebut diutarakan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Abdul Malik Fadjar ketika memberikan kuliah umum Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (FH Unnes). Dia mengatakan,  kondisi moralitas bangsa Indonesia semakin merosot.

"Memudarnya rasa ke-Indonesiaan karena dangkalnya rasa keadilan yang nyaris menghentikan peradaban bangsa. Pola masyarakat kita yang bangga dengan gaya hidup kebarat-baratan menjadi bukti nyata betapa bangsa kita belum menghargai bangsanya sendiri. Padahal, bangsa kita miliki nilai-nilai luhur yang lebih pantas untuk dibanggakan," kata Abdu, yang dikutip laman Unnes (3/11/2011).

Lelaki kelahiran Yogyakarta itu juga menyoroti keberadaan pusat perbelanjaan modern seperti mall yang dianggapnya berperan dalam membentuk masyarakat yang individualis. "Padahal, keberadaan pasar tradisional memungkinkan interaksi dan jalinan komunikasi yang lebih manusiawi, membangun rasa kebersamaan, dan menjadi wadah keberlangsungan nilai-nilai ke-Indonesiaan," katanya.

Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan FH Ubaidillah Kamal mengatakan, dialog nasional yang mengangkat tema "Revitalisasi Karakter Bangsa" itu bertujuan untuk menggali dan memotivasi mahasiswa untuk lebih menghargai nilai nilai keindonesiaan.

"Dialog ini merupakan bentuk kepedulian FH terhadap krisis moral di Indonesia.  Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat mengamalkan kembali nilai nilai ke-Indonesiaan, seperti kejujuran, disiplin, ramah-tamah, dan sopan santun," katanya.
 
 
(Sumber : okezone.com)

Adv